Rekruitmen CPNS Pemprov Riau Resmi Diumumkan, 8 Formasi Batal Dibuka 

Rekruitmen CPNS Pemprov Riau Resmi Diumumkan, 8 Formasi Batal Dibuka 
Internet/ilustras

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akhirnya resmi mengumumkan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Riau, Selasa (12/11/2019).

Hasil penelusuran di website BKD Riau, pengumuman seleksi penerimaan CPNS dibuktikan dengan lampiran surat pengumuman yang ditandatangani oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, setelah sempat molor dari jadwal, pihaknya akhirnya mengumumkan secara resmi penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Riau.

Namun jumlah formasi yang diumumkan pada penerimaan CPNS kali ini bekurang dari yang ditetepkan sebelumnya. 

Setelah berkonsultasi dengan Kementrian Aparatur Sipil Nagara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), formasi penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) Riau akhirnya berkurang 8 formasi. Dengan demikian, maka formasi penerimaan CPNS Riau tahun ini hanya 271 formasi dari awalnya 279 formasi.

"Setelah kita lakukan perbaikan, hari ini kita umumkan. Ada 271 formasi yang dibuka, berkurang 8 formasi dari 279 formasi awal yang disetujui Kemenpan RB," kata Ikhwan.

Saat disinggung apa penyebab berkurangnya 8 formasi lowongan CPNS tersebut, Ikhwan menjelaskan, setelah pihaknya mengajukan perbaikan terhadap sejumlah formasi yang tidak sesuai antara disiplin ilmu dengan posisi jabata, pihak Kemenpan PB mengeluarkan keputusan tidak menerima perbaikan tersebut.

Sehingga delapan formasi terpaksa dibatalkan karena kesalahan administrasi. 

“Setelah dikonsultasikan 8 formasi itu klasifikasinya tidak cocok dengan ijazah yang akan diterima, karena tidak cocok makanya dibatalkan. Formasi kesehatan yang banyak," kata mantan Karo Hukum Pemprov Riau ini. 

Sementara terkait molornya jadwal pengumuman yang seharusnya dilakukan Senin (11/11/2019) lalu, Ikhwan mengaku kondisi ini terjadi akibat adanya sejumlah formasi yang tidak sesuai sehingga harus dilakukan perbaikan.

"Dan itu terjadi tidak hanya kita saja yang memundurkan jadwal pengumuman penerimaan CPNS, Sumbar juga memundurkan jadwalnya tanggal 15, Kampar juga besok. Daerah lain ada yang sudah umumkan kemarin dan hari ini,” ungkapnya. 

Pihanya mengimbau kepada masyarakat yang ingin melihat informasi soal rekruitmen CPNS di lingkungan Pemprov Riau bisa langsung membuka website BKD Riau.  "Masyarakat yang ingin mendaftar bisa melihat di web resmi penerimaan CPNS tahun 2019," sebutnya. (Src)

Berita Lainnya

Index